This Is All About My Mirror

SUCI NUR INDAH SARI

Jumat, 29 Juni 2012

Pengamen Dadakan


Niat. Emang dasar ya kalo apa-apa udah diniatin pasti aja apapun dilakuin biar kecapai. Kayak yang gue lakuin sama temen-temen absurd gue ini. Kita udah ngerencanain liburan bulan depan kenaikan kelas tuh ke Pantai Santolo – Garut. Karena emang kenekatan mereka buat uji nyali & mental mandiri juga sih, seenggaknya masih ada manfaatnya.

Ceritanya  tuh kita pengennya bayar penginapan disana pake duit dari hasil ngamen. Itu kata si Aldi. Dia yang paling ngebet banget pengen ngamen. Nggak tau emang jiwa-alumni-punk nya keluar atau gimana. Nggak ngerti juga. Pokoknya kita harus ngamen! Katanya sih gitu..

Oke, kita mulai ngamen dari malem ini, malem minggu, yang harusnya keluar bareng pacar tapi ini malah ngabsurd-in diri sendiri ke jalanan. Kita tuh selama disekolah, beberapa hari sebelum keberangkatan kita ngamen, sebenernya udah nyiapin beberapa lagu buat dibawain ngelilingin  mobil-mobil kece dilampu merah nanti. Kayak brifingan gitu deh. Saking niatnya.

Jam 5 sore udah pada janjian ngumpul dirumahnya Sun. Twy juga bilang katanya kita harus pake baju warna merah, terserah deh mau semacem kemeja, kaos, tanktop, atau baju renang juga yang penting warnanya merah!  Kita berangkat tujuan ke Dago Plaza (Dapla-red). Aneh ya pengamen kok tapi parkirnya didalem mall. Hahahahaha. Pertama turun ke jalan sih malu-malu banget. Ada lampu merah bukannya nyanyi malah dorong-dorongan. Udah lagi banyakan kita kan kayak orang mau keroyokan. Jadi tiap motor yang kita datengin tuh yang ada malah ketakutan dikira mau diajakin ribut kali ya.

Tapi, lama kelamaan setelah kira-kira ‘naluri pengamennya’ pada terpanggil mereka temen-temen gue itu mulai beraksi dengan baik dan tanpa malu, malah sekarang jadi malu-maluin pake joget segala. Haduuuuuh.. kita mencar, gue, Kinkin, Aldi, sama Sw ngamen didaerah Perempatan Dago utama. Twy, Bagja, Resti, Reny, Rahmadita daerah Dago deket Dukomsel tuh. Bareng juga sama Made yang bawa gitar, Dirga, sama Ully.

Kalian tau? Ternyata jadi pengamen itu enak loh. Bisa ketemu sama banyak orang terutama sama cowok-cowok ganteng yang berkeliaran disana. Oh, Bandungggg... Beruntungnya tinggal disini.. Yakin loh disini banyak banget yang kece, pengamen-pengamen pada pake nike, jaket kulit, piercing. Haduh kece mampus. Sayang gak berani buat sekedar nabrak trus jatoh didepan dia berharap ditolongin dan kenalan gitu..

Banyak accident-accident yang bikin menghambat ngamen kita malem ini, contohnya gue, ketemu mantan saat-saat seperti ini tuh udah paling krik-krik-krik banget tau nggak sih. Muke lagi nyanyi-nyanyi depan mobil orang taunya dari sebrang jalan ada yang merhatiin dan ternyata itu seorang mantan. Balik badan. Pura-pura nelfon. Stay cool. Lalu, gerimis mengundang.

Accident waktu Reny ditanyan sama om-om begini “P*rawan nggak?” Eh gila ya tuh om-om nggak disekolahin emang!! Accident waktu gue ngamen sama Sw dimobil Jeep gitu deh agak mirip mobil sindikat penculikan anak, isinya bener-bener cowok semua ber4 udah pake kedip-kedip dulu lagi gue rasa sih mereka cacingan. Accident waktu si Sun dibilang ‘ngambil lahan orang’. Eh please deh ya! Kita sama-sama lagi nyari duit ajdi nggak ada hak juga kali bilang ini wilayah looooo!

Kan tadinya tuh ya, tadinya loh, awalnya, kita udah persiapin beberapa lagu hits kita yang bakal dibawain nanti. Alhasil ujung-ujungnya kita bawain lagu apa coba? Lagu hasil aransemen kelas XI IPA 2 waktu pagelaran seni, yap! Ayo Mama, lagu daerah. Sama beberapa lagu daerah lainnya. Oke, ternyata para pendengar sekita lampu merah lebih suka kita bawain lagu-lagu daerah, mungkin mereka sangat sangat cinta sama Indonesia ya. Amazing.

Ada sih kelompok Twy dkk dia malah nyanyiin lagu galau gitu, Adera-Lebih Dari Indah. Bisa juga bisa dapet duit sekali nyanyi goceng. Sungguh profesional. Mengharukan. Ternyata temen-temen gue bisa lebih diandalkan dari apa yang gue bayangkan. Hiks hiks hiks.

Ada beberapa pengamen lain yang juga nyamperin Made sama Dirga mereka kayak yang udah akrab. Hahahaha. Kenalan sesama pengamen. Bedanya mereka udah lama disini, dan kita baru malem ini keliaran disini makanya mungkin mereka saling nyapa. Memang solid pengamen jalanan itu the best. Saluuuuuut!!

Setelah kita rasa cukup uang yang kita dapetin malem ini lagian juga kan Resti sama yang lainnya nggak pada boleh pulang malem-malem banget. Akhirnya kita mutusin buat udahin dulu aja deh ngamennya, lagian udah mulai gerimis lagi terus juga perut udah pada minta jatah. Udah jam 8 malem, gak kerasa, kita ngamen sejam setengah udah lumayan dapet banyak juga. Kita cari makan, pertamanya ke Waroeng Steak (WS-red) Tamansari, tapi penuh banget kalo mau waiting list. Ogah. Anak-anak udah pada gak karuan, ngamuk semua, ngadat deh pokoknya kayak yang kagak ketemu nasi berhari-hari. Yaudah setelah berdebat panjang akhirnya kita mutusin buat makan nasi goreng aja yang udah pasti kenyang didaerah ITB. Sambil mesen, nunggu makanan jadi, kita ngitung-ngitung hasil jerih payah tuh ada berapa. Setelah dirinci-rinci ternyata ada Rp.70.400,- gila gak tuh kita semua oada gak nyangka aja udah dapet segitu. Ditengah-tengah pas kita lagi makan udah ada 5 pengamen yang mulai mengganggu acara makan kita. Bikin semua ngedengus deh. Hasil kesepakatan Rp.400,- kita kasih buat pengamen aja. Hahahahaha. Jahat banget ye cuma segitu.

Keadaan udah tenang eh ada lagi yang bikin ngakak! Ada banci nyasar ke tempat makan kita. Dia bilang Bagja manis lah, idungnya mancung lah, pokoknya agak nyekil gitu deh bikin anak-anak cowok pada rada ngejauh. HAHAHAHA! Disuruh request, kita request lagu Buaya Buntung By Inul Daratista. Edan gak ada tandingan itu goyangannya si banci. Kita abadikan moment ini:




 Tapi sayangnya nggak sempet dokumentasi waktu ngamen.. Baru keingetan pas udah pulang aja. Huhuhuhuhhuuhhuhu.
Ada beberapa hal yang bisa diambil dari cerita gue kali ini nih,
1.       Kita bisa lakuin apa aja asal niat, jangan bilang gak bisa kalo belum nyoba.
2.       Nyari duit itu nggak segampang kita ngabisin duit. Jadi mulai sekarang mending mikir jauh ke depan jangan enaknya aja, tapi mikir susahnya juga cari duit.
3.       Apapun kegiatannya kalo bareng temen-temen yang kompak, seru, solid, gokil, gaktau maulu kaya kalian pasti jadi menyenangkan guys! Love them!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar